Mistery " Jembatan Monjot " Di Desaku

Menguak Mistery "Jembatan Monjot"

Jembatan Monjot di bangun pada saat penjajahan belanda, jembatan itu sudah berumur puluhan tahun dan begitu juga dengan cerita mistis yang ikut bersama dengan jembatan monjot tersebut, konon...menurut rakyat setempat jembatan itu mempunyai cerita mistis yang membuat kita merinding.
kali ini saya akan memposting cerita mistis yang ada di desa pakubeureum, atau lebih tepatnya di Desa Pakubeurum Kabupaten Majalengka Kecamatan Kertajati.
Di desa Pakubeureum tersebut banyak tempat yang menurut rakyat setempat mempunyai cerita mistis, salah satunya "jembatan monjot" tersebut.
Ada dua jembatan , jembatan pertama yaitu jembatan yang menghubungkan antara kadipaten dan kertajati , jatitujuh. yang kedua adalah jembatan kecil yang terletak d sebelah jembatan pertama(jembatan monjot) , dibawah jembatan ada sungai yang cukup besar, sungai itu mengalir dari cimanuk ke hilir. di dalam jemabatan yang kedua adalah terowongan air.


Tidak sedikit masyarakat setempat yang pernah melihat makhluk gaib di jembatan monjot itu, saya pernah bertanya kepada bapak penjual siomay, sebut saja "pak Udin" , saya dengar dari masyarakat lain kalau bapak itu pernah melihat sosok gaib di jembatan monjot tersebut, saya bertanya kepada bapak itu " pak saya dengar dari orang - orang di desa kalau bapak pernah melihat sosok gaib di jembatan monjot ...??" bapak itu menjawab "iya... saya pulang setelah jualan keliling desa...waktu itu saya pulang sekitar jam 11 malam..." , " lalu bagaimana pak " tanya saya dan bapak itu menjawab "iya waktu saya lewat di jembatan itu saya melihat seorang wanita yang sedang duduk di atas tiang jembatan...karena saya ketakutan, saya kembali kedesa dan menginap di rumah teman saya...gak mungkin kan seorang wanita duduk di atas tiang 
 jembatan yang tingginya sekitar 7 meter dari tanah...". Begitulah kesaksian dari pak Udin.


Sesosok perempuan juga  pernah dilihat seorang ibu pedagang rumahan sewaktu diak pergi ke pasar untuk berbelanja jam setengah 12 malam...
masih banyak kesaksian - kesaksian lain dari masyarakat setempat. tidak heran kalau jembatan monjot banyak penghuni makhluk astral atau makhluk gaibnya, konon pada jaman pembangunan jembatan monjot itu banyak kuli - kulinya yang meninggal tidak jelas penyebabnya...menurut seorang nenek yang kira - kira berumur 79 tahunan beliau bercerita kalau jaman dulu sungai yang dilintasi jembatan monjot itu banyak jasad - jasad manusia...jasad - jasad itu adalah para pejuang perang yang gugur dan jasadnya di buang ke sungai.
tidak banyak informasi yang saya kumpulkan karena tidak banyak saksi mata pada saat pembangunan jembatan monjot tersebut.
gambar - gambar jembatan monjot...


 

ini posisi di bawah jembatan monjot...ada yang mengatakan kalau penyangga jembatan yang besar itu tidak menempel ke dasar sungai alias dalam posisi menggantung...

dilihat dari bawah jembatan...

 

Comments

Popular posts from this blog